Cara Push Up yang Benar. Push up adalah suatu jenis kegiatan senam kekuatan yang berfungsi untuk menguatkan otot pada bisep maupun trisep. Push up juga dapat untuk membersarkan otot dada. Push up merupakan salah satu olahraga yang tidak memerlukan biaya dan mudah untuk dilakukan. Push up dapat dilakukan di kamar, lapangan, dan sebagainya. Namun apabila Anda melakukan push up dengan cara yang asal-asalan atau salah, justru tidak membawa manfaat yang baik, tapi dapat memberikan efek yang buruk bagi tubuh Anda.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara push up yang benar. Berikut adalah cara push up yang benar. Baca juga artikel bermanfaat lainnya di AyoKesehatan seperti pengertian vitamin A maupun vitamin C.


Cara Push Up yang Benar

Ada 3 push up yang dapat Anda lakukan, antara lain : push up dinding, push up lutut, dan push up sempurna.
  • Push up dinding

Push up dinding sangat cocok bagi pemula. Cara melakukannya dengan berdiri tepat di depan diding yang datar, lalu letakkan kedua telapak tangan di depan dinding tersebut. Kemudian bengkokkan lengan Anda dengan memajukan badan ke depan dinding seperti sedang mendorong dinding. Lakukan dengan rutin setiap hari, apabila Anda sudah terbiasa dan coba lakukan gerakan puluhan kali. Sekarang coba lakukan dengan tekanan pada setiap gerakan dan cobalah untuk setiap gerakan lakukan push up dengan hanya menggunakan satu tangan.
  • Push up lutut
Push up dengan menggunakan lutut dijadikan sebagai tumpuan memiliki beban yang lebih berat dibandingkan dengan push up dinding. Posisikan tubuh Anda layaknya push up sempurna, tetapi pada cara ini lutut Anda sebagai tumpuannya. Letakkan tangan Anda di lantai dengan lurus dengan wajah ke depan dan kaki di silangkan. Turunkan dada Anda secara perlahan ke dekat lantai lalu kembali ke posisi awal.

  • Push up sempurna
Push up sempurna membutuhkan tenaga yang lebih besar dibandingkan dengan push up dinding maupun push up lutut, hal ini karena tumpuan push up sempurna berada di ujung jari kaki. Alangkah baiknya saat melakukan push up sempurna tidak menggunakan alas, karena lebih baik apabila dilakukan langsung di depan lantai.
Cara melakukannya dengan letakkan tangan Anda di lantai dengan posisi terbuka selebar bahu. Kaki bertumpu pada ujung jari kaki, sehingga tubuh berposisi lurus sempurna. Jangan ada posisi atau pantat menonjol ke atas. Turunkan bahu sampai membentuk sudut siku-siku 90 derajat. Kemudian dorong bahu dan lengan hingga lurus ke depan. Sebaiknya push up dilakukan pada pagi maupun sore hari dan dilakukan secara rutin tiap harinya. Untuk para pemula sebaiknya melakukan push up dengan bertahab-tahab.

Sumber:

Comments (0)