Hubungan masyarakat kota dan desa? sebelum membahas Hubungan antara masyarakat kota dan desa sebelumnya mari kita bahas mengenai kriteria Masyarakat yang hidup di desa dan di kota.


          Masyarakat Pedesaan atau biasa disebut wong kampung ini kita sudah tau golongan masyarakat ini hidup di sebuah desa atau perkampungan yang mayoritas penduduknya berpendidikan rendah, memiliki pendapatan menengah kebawah, masyarakat desa ini masih mempertahankan tradisi dan adat istiadat seperti hidup bergotong royong, hidup tenggang rasa, saling mengenal antar tetangga bahkan sangat dekat. Masyarakat desa juga biasanya memiliki pekerjaan yang hampir sama satu sama lainnya yaitu bertani, berternak dan berdagang.

          Sedangkan Masyarakat kota memiliki kriteria hidup Individualis terlalu memikirkan karir yang hidupnya untuk mengejar kesuksesan, cenderung Masyarakat kota ini berpendapatan menengah keatas dan memiliki pekerjaan yang beragam. Dalam hal pendidikan pun Masyarakat kota berpendidikan cukup bahkan lebih, dan tradisi atau adat istiadat pun sudah tidak banyak yang memakai adat di Indonesia, sudah banyak yang meniru kebiasaan - kebiasaan orang barat.


          Hubungan antara Masyarakat Kota dan Desa yaitu adanya ketergantungan Masyarakat kota dalam memenuhi kebutuhan sehari - harinya, yaitu masyarakat desa membutuhkan bahan pangan yang dikirim dari pedesaan seperti beras, sayur - mayur, buah - buahan, dan daging hasil ternak dari desa, dan masyarakat kota pun masih memerlukan tenaga kerja kasar dai masyarakat desa seperti petukang untuk membangun rumah dan pekerjaan kasar lainnya yang tidak biasa dikerjakan oleh masyarakat kota. Masyarakat desa pun memiliki ketergantungan terhadap masyarakat kota yaitu memerlukan pasokan listrik yang para ahlinya dari perkotaan, karena banyak desa yang belum memiliki aliran listrik, listrik ini juga dibutuhkan masyarakat desa untuk mengetahui Informasi yang ada di kota melalui Televisi yang dibeli dari kota dan barang - barang elektronik lainnya. Masyarakat desa juga memerlukan obat - obatan dan pakaian yang di produksi di kota demi keberlangsungan hidupnya, Dan masyarakat desa juga memerlukan bantuan dari masyarakat kota dimana dalam hal pekerjaan mereka ingin lebih baik lagi yaitu dengan diadakannya sosialisasi ke desa bagaimana teknologi yang canggih yang lebih praktis untuk menangani pekerjaan mereka di desa.


          Oleh karena itu baik Masyarakat  kota maupun desa jangan sampai berselisih, yang beranggapan masyarakat kota selalu memanfaatkan masyarakat desa yang nyatanya masyarakat desa pun bisa memanfaatkan Masyarakat kota. Jadi sebenarnya tidak ada yang saling memanfaatkan tetapi yang ada ialah saling membantu satu sama lain.

Comments (0)