Pahlawan! Yaa pahlawan adalah orang yang telah berjasa demi berdirinya negara kita ini Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada tanggal 10 November lalu telah kita peringati hari Pahlawan se-Indonesia, apakah kawan - kawan juga memperingatinya? apakah hanya melewati hari itu seperti biasanya? Yaah apabila kawan - kawan hanya melewatinya seperti hari biasanya sangat disayangkan karena pada tanggal tersebut pada zaman penjajahan telah terjadi pertempuran di Surabaya antara Indonesia yang melawan Belanda bertempur habis - habisan menumpahkan seluruh jiwa dan raganya untuk melepaskan belenggu penjajahan dan ingin hidup bebas sebagai warga negara Indonesia.


          Makna Pahlawan bagi saya adalah orang yang rela mempertaruhkan jiwa raganya demi kebaikan dan membela apa yang ia anggap benar tanpa mengharapkan imbalan dan melakukannya sesuai dengan keinginannya sendiri tanpa mengharapkan pujian dari orang lain. Pahlawan masa kini yang harus kita hormati dan kita jadikan panutan adalah Pahlawan tanpa tanda jasa yaitu seorang guru. Yang dimana Guru ini memiliki tugas yang sangat berat untuk mencerdaskan para tunas - tunas muda untuk dapat memajukan bangsa ini. Kita pasti sering membentak, memaki, menyakiti hati guru, tidak menuruti kemauan para guru yang demi mencerdaskan kita. Seharusnya kita tidak melakukan hal itu karena para guru juga Pahlawan, walaupun mereka tidak hidup dimasa penjajahan dahulu tapi mereka adalah pahlawan yang berjuang memberantas kebodohan dan menciptakan bangsa yang berkualitas dan siap bersaing di muka dunia.

          Kita juga seharusnya dapat menjadi Pahlawan, walaupun kita tidak dapat menjadi pahlawan - pahlawan pada zaman penjajahan dahulu, setidaknya kita mulai menjadi pahlawan yang dari hal kecil dahulu, seiring berjalannya waktu pasti kita akan bisa jadi Pahlawan yang dapat dibanggakan sepeti Pahlawan terdahulu.

Comments (0)