Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).

          Salah satu milis internet Indonesia terbesar adalah milis Telematika. Dari milis inipun tidak ada penjelasan mengapa milis ini bernama telematika, yang jelas arsip pertama kali tercatat dikirimkan pada tanggal 15 Juli 1999. Dari hasil pencarian di arsip mailing list Telematika saya menemukan salah satu ulir diskusi menarik (membutuhkan login) tentang penamaan Telematika yang dikirimkan oleh Paulus Bambang Wirawan.

Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
  • Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  • Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
  • Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).

          Pada saat ini perkembangan teknologi di Indonesia berkembang sangat pesat, teringat pada tahun 90an alat untuk berkomunikasi bersama kerabat maupun teman kita masih menggunakan telepon rumah maupun telepon umum yang apabila menelpon ke luar daerah dikenakan biaya yang mahal. Seiring berkembangnya teknologi kebanyakan dari kita sudah tidak menggunakan telepon rumah apalagi telepon umum, masing masing individu sekarang telah memiliki Smartphone yang tidak hanya bisa digunakan untuk komunikasi tetapi bisa digunakan untuk mencari informasi secara cepat dan sebagai sarana hiburan, Dan trend Smartphone ini akan terus berkembang dan lebih canggih lagi.


          Dengan berkembangnya teknologi ini tentunya kita dapat merasakan efek positifnya, dengan menggunakan Smartphone ini kita tidak perlu mengirim pesan melalui pos karena bisa menggunakan SMS maupun aplikasi Messenger yang dapat kita download secara mudah dan mencari informasi terbaru karena terdapat social media maupun televisi streaming yang dapat kita gunakan, belanja kebutuhan sehari hari pun kita dapat menggunakan smarthphone ini. Adapun efek negatifnya kita sering kali lupa waktu atau asik sendiri dengan gadget yang kita punya, dan orang-orang cenderung malas. Sering kita mengalami apabila kita sedang bertemu bersama teman-teman maupun keluarga gadget ini tetap menjadi prioritas utama yang seharusnya kita mengobrol bersama teman dan keluarga sehingga tidak mendapat kualitas pada pertemuannya dan bahayanya cybercrime pun marak dengan berkembangnya teknologi ini.

          Sebagai penutup saya ingin berpesan, dengan berkembangnya teknologi ini kita semakin bijak pula dalam menggunakannya, jangan sampai kita menjadi budak dari teknologi ini,Gunakanlah gadget seperlunya karena kita pada dasarnya merupakan makhluk sosial yang perlu bersosialisasi secara langsung bersama orang lain.

Comments (0)