Buku merupakan media pembelajaran yang sangat populer dan paling sering digunakan oleh manusia, dari buku inilah manusia banyak mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan sangat luas. karena buku merupakan sumber ilmu.
 Salah satu mata kuliah yang dianggap sulit di jurusan-jurusan ilmu komputer (Sistem Informasi, Sistem Komputer, dsb) adalah mata kuliah matematika diskrit. Materi yang dipelajari meliputi kombinatorik, fungsi pembangkit, relasi rekursif, grup dan ring dan pembangkitan objek kombinatorik.
E-book atau buku elektronik merupakan versi elektronik dari buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar. Dengan menggunakan e-book yang merupakan media pembelajaran yang sedang berkembang menjadikan e-book sebagai media pembelajaran yang sangat diminati dan lebih menarik.

1.1 Latar Belakang
            Buku merupakan media pembelajaran yang sangat populer dan paling sering digunakan oleh manusia, dari buku inilah manusia banyak mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan sangat luas. karena buku merupakan sumber ilmu,
            Di era modern ini perkembangan teknologi informasi semakin hari semakin berkembang dengan pesat dalam berbagai aspek kehidupan. Hal ini dikarenakan sifat manusia yang dipaksa untuk berkembang menciptakan inovasi-inovasi baru teknologi yang sudah ada yang lebih bermanfaat dan lebih mudah di akses bagi pemaiakainya. Oleh karena itu saat ini Ilmu pengetahuan bisa di dapatkan dari banyak sekali sumber, dapat di peroleh kapanpun, dimanapun dan dalam bentuk apapun.
            Salah satu media pembelajaran yang sedang berkembang saat ini adalah e-book (elektronik book). Media e-book sangat mudah untuk di operasikan, karena media ebook memiliki banyaj sekali format untuk mengoperasikannya. Belajar menggunakan ebook ini lebih diminati dikarenakan penggunaannya yang mudah dan efisien. Selain itu fitur di dalam ebook ini sangat variatif.
            Salah satu mata kuliah yang dianggap sulit di jurusan-jurusan ilmu komputer (Sistem Informasi, Sistem Komputer, dsb) adalah mata kuliah matematika diskrit. Materi yang dipelajari meliputi kombinatorik, fungsi pembangkit, relasi rekursif, grup dan ring dan pembangkitan objek kombinatorik.
            Umumnya mata kuliah ini didapatkan di tingkat kedua, Mahasiswa akan mempelajari hal tersebut melalui media buku teks yang tentu akan membuat mahasiswa jenuh dan bosan mengingat akan ada banyaknya rumus yang dipelajari dan pemecahan masalah yang diwajibkan menggunakan rumus pada mata kuliah matematika diskrit ini.

1.2 Batasan Masalah
            Dalam penulisan ini, penulis akan membuat sebuah media pembelajaran interaktif tentang matematika diskrit melalui e-book yang ditujukan untuk mahasiswa tingkat kedua dengan berbagai objek animasi yang menarik berbasis flash. Objek animasi ini nantinya akan menjelaskan bagaimana cara untuk memecahkan persoalan dengan bantuan suara dan objek yang bergerak. Selain menampilkan objek animasi, e-book ini juga dilengkapi dengan soal-soal latihan yang akan membuat penggunanya lebih mengerti. Selain itu disini penulis juga menerapkan teknologi e-book yang dioperasikan pada internet browser. Pembuatan e-book ini hanya ditujukan kepada mahasiswa tingkat kedua sebagai pembelajaran tentang materi matematika diskrit. software e-book yang digunakan adalah Kvisoft Flipbook Maker.

1.3 Tujuan Penulisan
            Tujuan penulisan ilmiah ini adalah menghasilkan e-book matematika diskrit dengan materi Grup dan ring. Pada e-book yang disajikan mempunyai lembaran-lembaran halaman yang dapat dibuka maju dan mundur serta mengandung animasi untuk memvisualisasikan pembahasan.

1.4 Metode Penelitian
            Pembuatan penulisan ilmiah ini dibagi menjadi beberapa tahap pengerjaan yaitu sebagai berikut:
1.         Pengumpulan Data
            Penulis mengumpulkan teori yang mengacu pada pembahasan. Pengumpulan          teori ini sebagai acuan pada pembuatan e-book. Proses pengumpulan teori ini          meliputi pencarian dari buku serta artikel-artikel dari internet.
2.         Analisis dan Perancangan
            Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan desain tampilan e-book beserta   objek animasi pemecahan masalah menggunakan Adobe Flash. Setelah itu        diproses menjadi e-book dengan menggunakan Kvisoft Flipbook Maker.
3.         Implementasi
            Akan dilakukan uji coba pada aplikasi, apakah aplikasi tersebut berjalan      dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang ada.
4.         Pengujian
            Dalam pembuatan aplikasi ini software dan hardware yang digunakan adalah:
            1) Sistem Operasi Windows 7 64bit
            2) Memori RAM  8Gb
            3) AMD Phenom(tm) II X$ 965 Processor (4 CPUs), ~3.4Ghz
            4) Adobe Photoshop
            5) Kvisoft Flipbook Maker
            6) Adobe Flash
            7) Microsoft Word

1.5 Sistematika Penulisan
            Dalam penyajian penulisan ilmiah ini, penulis akan membagi penulisan ini kedalam 4 bab, dalam tiap bab akan terdiri dari sub bab. Secara garis besar perinciannya sebagai berikut:
Bab I Pendahuluan
Bab ini menjelaskan latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian dan sistematika penulisan.
Bab II Landasan Teori
Bab ini menjelaskan tentang teori-teori dasar dari pengertian E-book.
Bab III  Analisa dan Pembahasan
Bab ini menjelaskan perancangan aplikasi, spesifikasi program dan cara penggunaan program tersebut.
Bab IV Penutup
Bab ini berisi kesimpulan dan saran dari penulisan ilmiah.

2.1       Buku Elektronik (Ebook)
            Buku elektronik (disingkat buku-e atau e-book) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar. Dewasa ini buku elektronik diminati karena ukurannya yang kecil bila dibandingkan dengan buku, dan juga umumnya memiliki fitur pencarian, sehingga kata-kata dalam buku elektronik dapat dengan cepat dicari dan ditemukan. Terdapat berbagai format buku elektronik yang populer, antara lain adalah teks polos, pdf, jpeg, doc lit dan html. Masing-masing format memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan juga bergantung dari alat yang digunakan untuk membaca buku elektronik tersebut.

            Amazon menjadi salah satu perusahaan yang Buku elektronik ini, mereka menggunakan buku elektronik semakin populer karena dapat dibaca kapan saja dimana saja dengan Kindle, salah satu tablet luncuran mereka. Salah satu usaha untuk melestarikan literatur berbentuk buku yang banyak jumlahnya dan memerlukan biaya perawatan yang mahal adalah dengan melakukan transfer dari bentuk buku ke bentuk buku elektronik. Dalam hal ini akan banyak ruang dan juga upaya yang dihemat untuk merawat literatur-literatur tersebut. Buku elektronik dapat dibuka dengan berbagai macam software diantaranya Adobe acrobat, Microsoft Word dan masih banyak lagi tergantung format yang dimiliki.
            Berikut ini akan dijelaskan mengenai jenis-jenis format dalam pembuatan Buku elektronik (Ebook).



2.1.1    Format Ebook
            Terdapat berbagai format buku elektronik yang banyak digunakan. Popularitas umumnya bergantung pada ketersediaan berbagai buku elektronik dalam format tersebut dan mudahnya piranti lunak yang digunakan untuk membaca jenis format tersebut diperoleh.
1.) Teks polos
       Teks polos adalah format paling sederhana yang dapat dilihat hampir dalam setiap piranti lunak menggunakan komputer personal. Untuk beberapa devais mobil format dapat dibaca menggunakan piranti lunak yang harus lebih dahulu diinstal.
2.) PDF
     Format pdf memiliki kelebihan dalam hal format yang siap untuk dicetak. Bentuknya mirip dengan bentuk buku sebenarnya. Selain itu terdapat pula fitur pencarian, daftar isi, memuat gambar, pranala luar dan juga multimedia.
3.) JPEG
      Seperti halnya format gambar lainnya, format JPEG memliki ukuran yang besar dibandingkan informasi teks yang dikandungnya, oleh karena itu format ini umumnya populer bukan untuk buku elektronik yang memilki banyak teks akan tetapi untuk jenis buku komik atau manga yang proporsinya lebih didominasi oleh gambar.
4.) LIT
     Format LIT merupakan format dari Microsoft Reader yang memungkinkan teks dalam buku elektronik disesuaikan dengan lebar layar divais mobil yang digunakan untuk mebacanya. Format ini memiliki kelebihan bentuk huruf yang nyaman untuk dibaca.
5.) Docx
     Format Docx merupakan format dari Microsoft Word yang sangat banyak ditemui sekarang dan tersebar di Internet, format ini sangat banyak digunakan karena banyaknya pengguna MS Word dan file keluaran yang cukup kecil, selain itu huruf yang lebih variatif membuatnya sangat digemari.
6.) HTML
     Dalam format HTML ini gambar dan teks dapat diakomodasi. Layout tulisan dan gambar dapat diatur, akan tetapi hasil dalam layar kadang tidak sesuai apabila dicetak.adi

2.2       HTML
        HTML kependekan dari Hyper Text Markup Language. Dokumen HTML adalah file teks murni yang dapat dibuat dengan teks editor. Dokumen ini dikenal sebagai web page. Dokumen HTML merupakan dokumen yang disajikan dalam web browser. Ada dua cara untuk membuat web page, dengan HTML editor atau editor text biasa (misal : notepad).

2.1.1        Penamaan Dokumen
Dokumen HTML diberi nama sembarang kemudian diberi tambahan ekstensi
”.htm” atau ”.html”

2.1.2        Definisi Elemen
       Dokumen HTML disusun elemen-elemen  atau komponen dasar pembentu HTML. Contoh dari elemen dokumen HTML adalah : head , body, table, paragraf, list.

2.1.3        Definisi Tag
       Tag digunakan untuk menandai elemen dalam suatu dokumen HTML. Tag HTML terdiri atas sebuah sudut kiri (<, tanda lebih kecil), nama sebuah tag, dan sebuah tanda kurung sudut kanan (>, tanda lebih besar. Tag umumnya berpasangan, sebagai contoh <H1> Dengan </H1>. Secara umum suatu elemen dalam dokumen HTML yangdinyatakan dengan tagnya, dituliskan : <namatag> - </namatag>.

2.1.4        Elemen HTML yang Diperlukan
        Elemen yang dibutuhkan untuk membuat suatu dokumen HTML dinyatakan
dengan tag <html>,<head>, dan <body>.Setiap dokumen terdiri atas tag head dan body. Elemen Head berisi informasi tentang dokumen tersebut, dan elemen body berisi teks yang akan ditampilkan di browser. Secara umum dokumen web dibagi menjadi dua section, yaitu section head dan section body. Sehingga setiap dokumen HTML harus mempunyai pola sebagai berikut :
<html>
<head>
   -- Informasi tentang dokumen HTML
</head>
<body>
  -- Informasi yang akan ditampilkan dalam web browser
</body>
</html>

       Setiap dokumen html harus diwali dengan menuliskan tag <html> dan tag </html> di akhir dokumen. Tag ini menandai dokumen HTML yang berarti adalah dokumen HTML dalam satu dokumen hanya ada satu elemen html. Section atau elemen head ditandai dengan tag <head> diawal dan tag </head> diakhir. Section ini beiris informasi tentang dokumen HTML, misalnya informasi judul html yang ditandai dengan tag <title>  dan diakhiri dengan tag </title>. Section body ditandai dengan tag <body> dan diakhiri dengan tag </body> diakhir. Section body merupakan isi dokumen yang akan ditampilakn pada browser. Berikut ini adalah contoh listing program html sederhana :
<html>
<head>
<title>Belajar Web Design</title>
</head>
ini adalah halaman HTML
<body>
</body>
</html>
Gambar 2.1. Contoh hasil di browser

Penjelasan Contoh
       Tag pertama pada dokumen html anda adalah <html>, Tag ini memberi tahu      bahwa ini adalah awal dari dokumen HTML. Tag terakhir pada dokumen adalah </html>. Tag ini memberi tahu browser bahwa ini adalah akhir dari dokumen HTML. Teks antara <head> dan </head> adalah informasi header. Informasi header tidak ditampilkan pada window browser. Hanya teks yang berada diantara <body> dan </body> yang akan ditampilakan pada browser. Teks diantara <title> dan </title> adalah judul dokumen yang akan ditampilakn pada window caption.

2.1.5        Penggunaan Tag
       Didalam penulisan dan penggunaan tag HTML perlu di perhatikan tata cara yang sudah di tetapkan , diantaranya adalah sebagai berikut :

1)      Tag HTML diapit dengan dua karakter kurung bersudut, < dan >.
2)      Tag HTML secara normal selalu berpasangan seperti <H!> dengan </H1>
3)      Tag HTML tidak ‘case sensitive’, berarti <H1> dama dengan <h1>

2.1.6        Atribut Tag
       Tag dapat mempunyai atribut. Atribut menyatakan sesuatu tentang tag tersebut. Atribut digunakan untuk mengubah default pemformatan dokumen dengan tag yang bersangkutan. Tag berikut tidak mempunyai atribut : <body>. Tag <body> ini tidak menggunakan atribut, sehingga dokumen HTML ditampilkan dengan warna background sesuai dengan definisi warna background pada browser webnya. Umumnya berwarna putih.  Tag berikut mempunyai atribut : <body bgcolor=”red”>. Tag <body> ini mempunyai atribut bgcolor dengan nilai “red’. Sehingga background akan menampilkan warna merah.

2.1.6.1  Tag HTML  
       Merupakan tag dasar yang mendefinisikan bahwa dokumen ini adalah dokumen HTML. Tag ini merupakan keharusan untuk membuat dokumen HTML.Tag <html> sebagai pembuka dokumen HTML dan tag </html> sebagai penutup dokumen HTML. Berikut adalah contoh tag HTML :
<html>
........................
</html>

2.1.6.2  Tag Head
       Merupakan tag setelah <html> untuk menuliskan keterangan tentang dokumen
HTML. Isi teks diantara <head> dengan </head> tidak akan ditampilkan di dalam
browser. Contoh listing tag head adalah sebagai berikut :
<head>
<title>Belajar Web Design</title>
</head

2.1.6.3  Tag Title 
       Merupakan tag yang digunakan untuk menuliskan judul dokumen HTML. Hasil
tag ini akan ditampilkan dalam window caption browser. Contoh listing tag tittle adalah sebagai berikut :
<title>Belajar Web Design HTML</title>

2.1.6.4      Tag Body
       Merupakan section dalam dokumen HTML yang akan ditampilkan dalam
browser. Contoh listing tag body :
<html>
<head>
<title>Belajar Web Design</title>
</head>

2.1.6.5   Tag Paragraf
       Setiap paragraf harus dimulai dengan memberi tag <p>. Diakhir paragraf tidak diharuskan menuliskan </p> sebagai akhir paragraf, karena tag <p> tidak didefinisikan mempunyai tag akhir. Setiap paragraf harus dimulai dengan <p> kembali. Setiap pergantian paragraf ditandai dengan tag <p>. Contoh listing tag paragraf:
<html>
<head>
<title>Tag Paragraf</title>
</head>
<body>
<p>berikut ini adalah paragraf 1</p>
<p>berikut ini adalah paragraf 2</p>
<p>berikut ini adalah paragraf 3</p>
</body>
</html>

2.1.6.6  Line Break
       Fungsi tag ini dapat memaksa ganti baris pada dokumen web dengan tag <br>. Ganti baris disini dimaksudkan hanya menyajikan informasi pada baris sendiri tetapi tidak berganti paragraf. Contoh line break adalah sebagai berikut :
<html>
<head>
<title>Ganti Baris</title>
<head>
<body>
ini adalah baris ke 1<br>
ini adalah baris ke 2<br>
ini adalah baris ke 3<br>
ini adalah baris ke 4<br>
ini adalah baris ke 5<br>
</body>
</html>

2.1.6.7     Heading
       Tag heading akan membuat tulisan ditampilkan dengan huruf yang lebih besar atau ditebalkan. Heading dimanfaatkan untuk menandai judul topik atau untuk menunjukkan tingkat keberartian dati teks yang akan dituliskan. Ada 6 tingkat heading dalam HTML, dinomori dari satu sampai dengan 6. Nomor 1 merupakan heading yang terbesar. Contoh heading adalah sebagai berikut :
<html>
<head><title>Heading</title></head>
<body>
<h1>Heading 1</h1>
<h2>Heading 2</h2>
<h3>Heading 3</h3>
<h4>Heading 4</h4>
<h5>Heading 5</h5>
<h6>Heading 6</h6>
</body>
</html>

Gambar 2.2 Contoh Heading

2.1.6.8                     Garis Pembatas
       Sebuah garis pembatas dapat disisipkan dalam dokumen web dengan menggunakan tag <hr>. Contoh garis pembatas adalah sebagai berikut.
<html>
<head>
<title>Horizontal Rule</title>
</head>
<body>
<p align=”center”>Paragraf pertama</p>

2.1.6.9               Komentar
       Dalam sebuah dokumen HTML ada informasi yang berfungsi sebagai catatan atau komentar terhadap dokumen isi komentar ini tidak akan ditampilkan dalam browser. Untuk membuat komentar dengan menggunakan tag:  <!-- sebagai awal dan tag --> sebagai akhir komentar. Contoh listing komentar :
<html>
<head>
<title>Horizontal Rule</title>
</head>
<body>
<!-- komentar ni tidak akan ditampilkan di browser -->
<p>Tulisan ini akan ditampilkan di browser</p>
</body>
</html>

2.2           Microsoft Word 2007
       Microsoft Office adalah suatu kumpulan software produktifitas perkantoran  yang pertama kali diluncurkan tanggal 30 Agustus 1992 sebagai office 3.0 yang menyertakan word untuk pengolahan kata, Microsoft Excel sebagai pengolah angka, Microsoft PowerPoint digunakan sebagai aplikasi presentasi dan Mail digunakan untuk menerima dan mengirim email. Sejak masa itu dan di awal tahun 2000-an Microsoft sudah merilis banyak versi office, setiap versinya mengalami pembaharuan demi pembaharuan dan menjadi semakin mutakhir baik dari segi pemakaian, fasilitas-fasilitas baru yang disertakan, serta penambahan program baru dalam kelompok office.
Microsoft Word 2007 merupakan salah satu program aplikasi pengolah kata atau dokumen versi terbaru yang termasuk ke dalam Microsoft Office 2007. Aplikasi ini pengembangan dari versi sebelumnya yaitu Microsoft Word 2003 yang sukses di rilis ke pasaran. Microsoft Word 2007 mempunyai tampilan user interface (UI) baru yang mengganti menu, toolbars, dan sebagian besar task panes yang ada di Microsoft Word versi sebelumnya dengan mekanisasi tunggal yang lebih simpel dan efisien. Fasilitas andalannya ini dinamakan Ribbon yang merupakan cara baru untuk mengelompokkan menu pada toolbar. User interface (UI) baru ini dirancang untuk membantu Anda bekerja lebih produktif serta mudah dalam menggunakan seluruh fasilitas dan fungsi yang ada.
Berikut ini adalah beberapa istilah yang akan dipakai dalam mengoperasikan Microsoft Word 2007 :

2.2.1              Hotkey / shortcut
Berupa kombinasi beberapa tombol tertentu  pada keyboard yang menyebabkan
program aplikasi yang sedang berjalan untuk melakukan suatu proses tertentu

2.2.2    Toolbar (pada Mic. Word 2007 disebut ribbon)
Pada Mic. Word 2007, perintah-perintah sudah ditampulkan dalam grup-grup terpisah
Gambar 2.3 Menu dan Ribbon pada Tampilan Awal.

2.2.3                                        Ruler  Margin (Indent)
       Fungsi dari ruler margin adalah untuk mengatur batas kiri dan kanan dari suatu halaman
 


First Line Indent
                                                                         

Right Indent

Hanging Indent
                                                           

Left Indent
                                                              


Gambar 2.4 Pengaturan Ruller (Garis)

       Didalam ruler margin, terdapat istilah- istilah yang dapat membatu dalam mengatur batas kiri dan kanan dari suatu halaman. Pengaturan ini dapat di sesuaikan oleh keinginan setiap pengguna , istilah pada ruler margin adalah sebagai berikut :
1)      First Line Indent   
  Digunakan untuk mengatur posisi huruf pertama pada setiap awal paragraf
3        Hanging Indent
Digunakan untuk mengatur posisi huruf setelah baris pertama pada suatu paragraf
4        Left Indent
Digunakan untuk mengatur batas kiri untuk semua teks
5        Right Indent
Digunakan untuk mengatur batas kanan untuk semua teks

2.2.4  Tampilan dan Fasilitas Microsoft Word 2007
         Microsoft word 2007 memiliki tampilan yang hampir sama dengan microsoft word 2003, hanya saja tampilannya lebih moden dan pada tampilan awal terdiri dari banyak fasilitas menu bar dan tools bar yang dapat membantu membuat dokumen menjadi lebih mudah. Tampilan awal dari Microsoft Word 2007 akan di contoh kan seperti gambar 2.5 berikut :
Gambar 2.5 Tampilan Awal Ms Word 2007

2.3         Flash
       Flash adalah software yang memiliki kemampuan menggambar sekaligus  menganimasikannya, serta mudah dipelajari (M. Amrullah Akbar et al, 2008). Flash tidak hanya digunakan dalam pembuatan animasi, tetapi pada zaman sekarang ini flash juga banyak digunakan untuk keperluan lainnya seperti dalam pembuatan game, presentasi, membangun web, animasi pembelajaran, bahkan juga dalam pembuatan film. Animasi yang dihasilkan flash adalah animasi berupa file movie. Movie yang dihasilkan dapat berupa grafik atau teks. Grafik yang dimaksud disini adalah grafik yang berbasis vektor, sehingga saat diakses melalui internet, animasi akan ditampilkan lebih cepat dan terlihat halus. Selain itu flash juga memiliki kemampuan untuk mengimpor file suara, video maupun file gambar dari aplikasi lain.
        Flash merupakan program grafis yang diproduksi oleh Macromedia corp, yaitu sebuah vendor software yang bergerak dibidang animasi web. Macromedia Flash pertama kali diproduksi pada tahun 1996. Macromedia Flash telah diproduksi dalam beberapa versi. Versi terakhir dari Macromedia Flash adalah Macromedia Flash 8.Dan sekarang Flash telah berpindah vendor menjadi Adobe.  Adobe adalah vendor software yang membeli Flash dari vendor sebelumnya yaitu Macromedia. Sejak itu, Macromedia Flash berganti nama menjadi Adobe Flash. Versi terbaru dari Adobe Flash saat ini adalah Adobe Flash CS6. Dan pembuatan animasi ini penulis menggunakan Adobe Flash CS6 sebagai aplikasinya.

2.3.1       Adobe Flash Professional CS6
        Adobe Flash CS6 merupakan sebuah software yang didesain khusus oleh Adobe
dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan
situs web yang interaktif dan dinamis. Adobe Flash CS6 menyediakan berbagai macam fitur yang akan sangat membantu para animator untuk membuat animasi menjadi semakin mudah dan menarik.
       Adobe Flash CS6 telah mampu membuat dan mengolah teks maupun objek dengan efek tiga dimensi, sehingga hasilnya tampak lebih menarik. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi atau 3 dimensi yang handal dan ringan sehingga Flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya, Selain itu software ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs website atau blog ,tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi website lainnya.



2.3.2              Dasar-dasar Penggunaan Adobe Flash Professional CS6

       Penggunaan Adobe Flash Professional CS6 memang tidak sulit bagi yang sudah
sering melakukan berbagai desain grafis, karena tools dan fasilitas yang terdapat pada Adobe Flash Professional CS6 cukup lengkap dan sederhana. Berikut penjelasan dasar-dasar penggunaannya.

2.3.2.1  Halaman Awal  
       Halaman awal adalah tampilan pertama kali yang tampil ketika mengakses program Adobe Flash Professional CS6. Cara mengakses Adobe Flash Professional CS6 pertama kali adalah double klik pada icon Adobe Flash Professional CS6 yang ada di desktop atau lihat dari daftar program yang ada di Start Menu. Berikut adalah tampilan start page pertama kali membuka Adobe Flash Professional CS6.

Gambar 2.6  Tampilan awal Page Adobe Flash Professional CS6
2.3.2.2  Jendela Utama 
      Jendela utama merupakan awal dari pembuatan program, pembuatannya dilakukan dalam kotak movie dan stage yang didukung oleh tools yang ada. Jendela kerja flash terdiri dari panggung (stage) dan panel-panel. Panggung merupakan tempat dimana objek diletakkan, tempat menggambar dan tempat menganimasikan gambar. Sedangkan panel disediakan sebagai tempat untuk membuat gambar, mengedit, dan menganimasikan gambar juga. Berikut ini adalah tampilan jendela utama Adobe Flash Professional CS6.

Gambar 2.7  Jendela Utama Adobe Flash Professional CS6

       Setiap menu dan tools dalam Adobe Flash Professional CS6 memiliki keterangan sebagai berikut  :
1) Menu Bar, adalah baris menu yang terdiri 11 elemen yang utama dan masing-
    masing memiliki submenu perintah lagi.

2) Timeline, adalah panel untuk mengatur dan mengontrol jalannya animasi Flash       yang meliputi kecepatan animasi dan penempatan objek yang akan dibuat.
3. Color Panel, digunakan untuk memberi warna pada objek dan mengatur   komposisi warna pada objek yang akan dibuat.
4. Stage, adalah area untuk menempatkan materi animasi, seperti objek gambar,
    video, teks, maupun tombol.
5. Property Inspector, berguna untuk mengatur setting stage, atribut objek,       penggunaan filter, hingga mempublikasikan movie flash. Selain itu properties
    panel juga akan menampilkan informasi ukuran dan posisi objek yang sedang dipilih.
6.  Toolbox, adalah beragam piranti untuk menyeleksi, menggambar, memberi warna, memodifikasi objek hingga mengatur ukuran tampilan stage.

2.3.3              Toolbox
       Fasilitas Toolbox seperti yang telah dijelaskan sekilas diawal adalah beragam
piranti atau alat yang mempunyai fungsi tersendiri untuk keperluan desain. Berikut penjelasan setiap tool yang terdapat pada Toolbox

Tabel 2.1  Tools Yang Terdapat Pada Toolbox
Gambar
Nama
Penjelasan
Selection
Tool
Digunakan untuk memilih atau menyeleksi suatu
objek
Subselection
Tool
Digunakan untuk menyeleksi bagian objek lebih
detail daripada selection tool.
Free
Transform
Tool
Digunakan untuk mentransformasikan objek
terseleksi
3D Rotation
Tool
Digunakan untuk melakukan 3D pada objek
berdasarkan sumbu X, Y dan Z.
3D Rotation
Tool
Digunakan untuk melakukan 3D pada objek
berdasarkan sumbu X, Y dan Z.
Pen Tool
igunakan untuk menggambar garis dengan bantuan
titik-titik bantu seperti dalam pembuatan garis, kurva
ataupun gambar.
Text Tool
Digunakan untuk membuat objek teks ataupun
paragraf.
Line Tool

Digunakan untuk menggambar objek garis lurus.
Rectangle
Tool
Digunakan untuk menggambar bentuk persegi.
Pencil Tool

Digunakan untuk menggambar dengan bentuk
goresan pensil.
Brush Tool

Digunakan untuk menggambar dengan bentuk
polesan kuas.
Deco Tool

Digunakan untuk menggambar corak dekorasi
dengan menggunakan symbol grafik.
Bone Tool
Digunakan untuk membuat animasi pertulangan
dengan menambahkan titik sendi pada objek.
Paint Bucket
Tool

Digunakan untuk member warna bidang objek.
Eyedropper
Tool
Digunakan untuk mengambil sampel warna dari
sebuah objek.
Eraser Tool

Digunakan untuk menghapus bidang objek.
Hand Tool
Digunakan untuk menggeser area lembar kerja atau
stage tanpa mengubah pembesaran.
Zoom Tool
Digunakan untuk memperbesar atau memperkecil
tampilan lembar kerja atau stage.
Stroke Color
Digunakan untuk memilih atau member warna pada suatu garis
Fill Colo
Digunakan untuk memilih atau member warna suatu objek.
Black And
White
Digunakan untuk mengubah warna garis dan bidang menjadi hitam putih.
Swap Colors

Digunakan untuk membalikkan warna antara warna garis dan warna bidang objek.


2.4 Kvisoft Flipbook Maker
       Kvisoft Flipbook maker adalah aplikasi pembuatan media baca elektronik buatan kvisoft, perangkat ini banyak digunakan oleh pembuat penulis buku atau majalah yang hasil karyanya ingin di publikasikan melalui online maupun offline , tetapi masih dalam bentuk digital.

2.4.1 Dasar- dasar penggunaan Kvisoft flipbook maker
       Penggunaan aplikasi Kvisoft Flipbook maker terbilang cukup mudah bagi pemula maupun yang sudah berpengalaman, karena tools yang disediakan terbilang cukup sederhana dan mudah dimengerti kegunaanya. fasilitas yang ditawarkan kvisoft flipbook maker juga terbilang cukup lengkap dan terus diperbarui setiap periode.

2.4.2 Halaman Awal dari Kvisoft Flipbook Maker
      kvisoft flipbook maker memiliki tampilan yang sangat sederhana, tetapi fasilitas yang tersedia di dalam aplikasi ini cukup lengkap. Tampilan awal dari kvisoft flipbook maker terdiri dari menu dan tools yang akan di jelaskan berikut ini:


import

design

delete

publish

page edit

add file
Gambar 2.8 halaman awal Kvisoft Flipbook Maker

       Setiap tools dan fasilitas dalam halaman utama dalam Kvisoft Flipbook Maker memiliki keterangan sebagai berikut :
1)        Add File, berfungsi untuk menginput file berekstensi .pdf ataupun .fb     ke   dalam lembar kerja .
2)            Page Edit, Berfungsi sebagai media peng editan halaman proyek ebook.
3)            design, sebagai media pemilihan tempelate dan layout pada ebook
4)            publish, proses perubahan ekstensi yang tadinya adalah file .pdf menjadi file dalam ekstensi lain, misalnya html, exe dan wallpaper.
5)         Import, hamper sama fungsinya seperti add file , yaitu memasukan halaman dile ke lembar kerja.
6)            Delete, berfungsi sebagai penghapus halaman dan juga file yang sudah di import.

2.5 Adobe Photoshop
       Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar. 

2.6   Struktur Navigasi
       Struktur navigasi adalah struktur atau alur dari suatu program. Menentukan struktur navigasi merupakan hal yang sebaiknya dilakukan sebelum membuat suatu aplikasi. Ada 4 (empat) macam bentuk dasar dari struktur navigasi yang biasa digunakan dalam proses pembuatan aplikasi, yaitu :
1.    Linier :  pemakai menelusuri program secara berurutan.
2.    Hirarki : pemakai menelusuri program melalui titik-titik percabangan dari suatu struktur pohon.
3.    Non Linier : pemakai bebas menelusuri program tanpa dibatasi oleh suatu                              rute.                  
4.    Campuran : pemakai dapat dengan bebas menelusuri program, tetapi pada bagian tertentu gerakan dibatasi secara hirarki ataupun linier.

3.1 Rancangan Halaman Judul Bab
       Pada rancangan halaman judul bab ini, text bab merupakan bab yang akan ditulis dan judul bab merupakan judul dari bab yang akan ditulis.

Bab 4
Group dan Ring
 
 





3.2 Langkah-Langkah Pembuatan Aplikasi
      Tahap selanjutnya dalam pembuatan e-book ini yaitu pembuatan desain cover, penulisan materi, mengkonversi file .doc ke file .pdf, pembuatan animasi, mengkonversi file .swf ke file .mp4 dan pembuatan ebook pada Kvisoft. Pembuatan cover dibuat menggunakan perangkat lunak Adobe Photoshop Cs6. Kemudian penulisan materi dilakukan pada aplikasi Microsoft Word 2007 dan pembuatan animasi menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6.


3.2.1 Pembuatan Cover Halaman Bab
Pembuatan cover halaman bab menggunakan Adobe Photoshop Cs6. Buka aplikasi Adobe Photoshop Cs6 lalu akan muncul jendela awal, lalu mengklik file, kemudian pilih new, setelah itu mengatur lebar dan tinggi lembar kerja pada project. Disini digunakan ukuran lembar project A4 dengan lebar 21cm dan tinggi 29,7cm.


3.2.2 Penulisan Materi
      Untuk menulis materi pada Microsoft Word 2007, penulis menggunakan pengaturan seperti gambar 3.3 berikut.
Gambar 3.3 Tampilan pengaturan pada Microsoft Word
      Penulisan materi matematika diskrit ini menggunakan microsoft word sama halnya seperti menulis artikel lainya dan tentunya di pandu dengan petunjuk penulisan yang benar. Pada penulisan materi kombinasi permutasi ini banyak  dijumpai rumus-rumus matematika, untuk menulis rumus matematika pada Microsoft word 2007 ini menggunakan equation tools dengan cara klik Insert  lalu Equation kemudian pilih rumus mana yang akan digunakan. Untuk melihat hasil dari penulisan rumus menggunakan equation dapat dilihat pada gambar 3.4 berikut:

Gambar 3.4 Menulis rumus menggunakan Equation
              Setelah semua materi selesai di ketik beserta rumus- rumus dan ditambah cover nya, materi di save terlebih dahulu dalam format .doc, untuk menyimpan file pada Microsoft word 2007, klik window kemudian save lalu beri nama file , pilih folder penyimpanan dan save. Hasil dari penulisan materi dapat dilihat pada gambar 3.5 berikut :

3.2.3 Pengkonversian file
       Pada pengkonversian file ini, penulis materi yang sudah selesai dibuat kemudian di save as namun klik yang berformat .pdf, nantinya file  teresebut akan tersimpan yang sebelumnya berekstensi .doc menjadi .pdf. Hasilnya seperti pada gambar 3.6 berikut:

3.2.4 Pembuatan Animasi       
       Dalam pembuatan animasi ini digunakan aplikasi Adobe Flash Profesional CS6. Animasi ditambahkan supaya pembaca dapat mengerti bagaimana langkah-langkah dalam mengerjakan contoh soal yang telah di sediakan. Berikut ini  langkah- langkah pembuatan animasi menggunakan aplikasi Adobe Flash Professional CS6 :
1.)  Aplikasi Adobe Flash Profesional dibuka, kemudian untuk membuat projek baru dipilih menu Create New dan pilih ActionScript 2.0

2.) Dalam animasi yang akan dibuat, digunakan gambar sebagai background. Untuk memasukan gambar ke dalam projek adalah dengan memilih menu File kemudian dipilih menu import to library

3.)  Gambar yang sudah di import ke dalam library kemudian di drag ke area projek. maka hasilnya akan seperti gambar 3.9 berikut :

4.) Dalam animasi ini terdiri dari dua scene. Di bagian awal scene tadi telah dibuat background. Selanjutnya akan di buat scene isi.  Tampilan scene isi ini sama seperti scene sebelumnya yang berisikan background yang kemudian akan diisi dengan animasi. Pada animasi ini diberikan efek suara yang menjelaskan tentang materi permutasi komposisi dan tulisan akan muncul satu per satu mulai dari frame  1 - 2081. Maksud memunculkan tulisan satu per satu ini agar pembaca mudah memahami materi yang dibawakan proses pengerjaan soal latihan. Pemberian efek suara diberikan dengan cara di import ke library dan kemudian di drag kedalam lembar kerja. File yang dimasukkan harus format .wav. Setelah itu masukkan tulisan yang akan muncul satu per satu yang dimulai dari frame 1 sampai frame 150. Hasilnya dapat dilihat pada gambar 3.10 berikut:

5.) Saat animasi berjalan, akan ada tambahan efek tanda panah yang berfungsi sebagai petunjuk arah jalannya suatu proses penyelesaian soal. Gambar diunduh dari [2]. Setelah di unduh, gambar di impor kedalam library. Gambar yang sudah di import ke dalam library kemudian di drag ke area yang akan di pasang. Untuk membuatnya menjadi animasi bergerak adalah dengan cara, mengklik kanan gambar kemudian di pilih menu Convert To Symbol.

7.) Untuk menjadikannya dalam bentuk file berformat Flv adalah dengan cara mem publish. Menu File di pilih kemudian dipilih menu publish. Proses pembuatan animasi dengan aplikasi Adobe Flash Professional Cs6 selesai.

3.2.5  Pembuatan Ebook pada Kvisoft Flipbook Maker
      Aplikasi Kvisoft Flipbook maker pada desktop dibuka, selanjutnya dapat dibuat projek baru dengan cara klik Import lalu pilih file ber format .pdf  kemudian  open , atur resolusi, kualitas dan ukuran ebook sesuai keinginan dan Ok.

3.2.6 Memasukan Animasi ke Ebook
       Pada aplikasi Kvisoft Flipbook maker, terdapat fasilitas untuk memasukan file  berupa animasi. File animasi yang akan dimasukan dalam ebook ini dengan cara mngklik menu page edit dan selanjutnya pilih menu add video.

Setelah muncul dialog Add video, maka pada kolom File Name di isi dengan nama file animasi yang sudah disimpan sebelumya.

3.2.7  Mendesain Template Ebook
       Tampilan ebook  di desain sedemikian rupa agar terlihat dinamis dan menarik, maka dari itu di lakukan pengaturan pada template yang sudah disediakan oleh software Kvisoft Flipbook Maker, agar lebih sederhana dan juga dinamis.
1.)       Langkah pertama dalam melakukan pengaturan template, mengklik Menu Design pada menu bar kemudian dipilih Style , Advance setting dan dipilih main setting kemudian pengaturan diatur seperti gambar 3.20 dibawah ini :

2.)       Untuk mengatur tombol navigasi supaya lebih sederhana dan sesuai dengan pemakaian maka perlu di lakukan pengaturan pada Button Setting , Menu Design pada menu bar di klik. kemudian menu Style , Advance setting , Button setting diatur seperti gambar 3.21 dibawah ini :

3.2.8 Publish Ebook Menjadi File HTML
       Ebook yang sudah di atur sedemikian rupa, mulai dari main setting hingga button setting akan dilanjutkan ke langkah terakhir, yaitu langkah publish. publish yaitu langkah dimana ebook yang masih dalam format file .pb akan di rubah menjadi format yang berbeda, untuk format ebook yang akan penulis buat adalah format file HTML. Format HTML adalah format ebook yang bisa dibuka di berbagai internet browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome dan Internet Explorer.
1.)       Tindakan yang dilakukan pertama kali saat akan mem publish ebook adalah dengan meng klik menu Publish pada menu bar dan pilih HTML, kemudian akan muncul dialog dan setiap kolom di isi seperti gambar 3.23 berikut :

3.3  Implementasi
       Pada bagian ini merupakan tahap pengujian yang akan menampilkan ebook di internet browser PC/laptop. Klik View it pada gambar 3.25 berikut:
3.4  Spesifikasi Minimum Laptop/ Smartphone
       Agar e-book dapat berjalan dengan lancar, dibutuhkan perangkat dengan spesifikasi khusus minimal yang sangat sederhana yang terdapat pada laptop dan smartphone, spesifikasi  tersebut hampir dimiliki oleh semua perangkat laptop dan smartphone yang memiliki internet browser dan sudah terinstal adobe flash player, dan untuk smartphone harus sudah ter install adobe air.
3.5   Uji Coba
       Pengujian aplikasi dilakukan pada dua buah laptop, satu buah smartphone dan internet browser yang berbeda. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui apakah tampilan efek transisi perpindahan halaman, pemutaran animasi, suara efek, dan fungsi tombol berjalan sempurna atau tidak, efek transisi halaman dikatakan sempurna jika efeknya berjalan lancar disertai suara dan tidak sempurna jika efek transisi tersendat sendat dan suara efeknya tidak ada. Animasi dikatakan sempurna jika pergerakan animasi dan tombol nya berjalan sesuai skema. dan dikatakan tidak sempurna apabila pergerakan dan fungsi tombol tidak sesuai dengan skema yang sudah ditentukan.
       Berikut ini adalah daftar perangkat komputer dan internet browser yang telah digunakan dalam uji coba ebook Kombinasi Permutasi ini.
Tabel 3.1 : Fitur Perangkat Laptop dan Smartphone yang Digunakan
Laptop
FITUR
OS
CPU
Asus
Windows 7 Ultimate
Intel Core i3, 2,4 GHz. RAM 2 GB
HP
Windows 8
Intel Core i5, 2,4 GHz. RAM 4GB
Lenovo A6000
4.4 KitKat
Qualcomm, Snapdragon 1,2 GHz Quad Core. RAM 1GB

Tabel 3.2 : Jenis Internet Browser yang Digunakan
INTERNET BROWSER / Flash Player
VERSI
Mozilla Firefox
32.0.3
Google Chrome
SWF Player
1,69

3.6 Hasil Pengujian
       Hasil dari pengujian yang dilakukan di dua laptop dan satu smartphone, untuk menguji efek transisi ebook, pemutaran animasi, pemutaran efek suara, dan fungsi tombol navigasi adalah sebagai berikut:
1.) Pengujian Efek Transisi Halaman Ebook
Tabel 3.3 : Hasil Efek Transisi Halaman
Internet Browser / Flash Player
Efek Transisi
Sempurna
Tidak Sempurna
Mozilla Firefox
Y
N
Google Chrome
Y
N
SWF Player
N
Y






2.)  Pengujian Animasi
Tabel 3.4 : Hasil Pemutaran Animasi
Internet Browser / Flash Player
Efek Animasi
Sempurna
Tidak Sempurna
Mozilla Firefox
Y
N
Google Chrome
Y
N
SWF Player
N
Y

3.)  Pengujian Efek Suara
Tabel 3.5 : Hasil Pemutaran Efek Suara
Internet Browser / Flash Player
Efek Suara
Sempurna
Tidak Sempurna
Mozilla Firefox
Y
N
Google Chrome
Y
N
SWF Player
N
Y

4.)  Pengujian Fungsi Tombol Navigasi
 Tabel 3.6 : Hasil Pengujian Fungsi Tombol Navigasi
Internet Browser / Flash Player
Tombol Navigasi
Sempurna
Tidak Sempurna
Mozilla Firefox
Y
N
Google Chrome
Y
N
SWF Player
N
Y

4.1 Kesimpulan
Konten materi Group dan ring pada buku kombinasi dan permutasi dibuat menggunakan software Kvsoft Flipbook Maker. E-book ini dilengkapi animasi untuk penjelasan contoh kasus. Pada halaman e-book ini mempunyai efek pergantian halaman,  Animasi dikembangkan menggunakan Adobe Flash Professional CS6.

Berdasarkan implementasi e-book kombinasi permutasi ini berjalan dengan baik sesuai dengan efek suara, visualisasi serta pergantian halaman pada PC. E-book kombinasi permutasi yang diujikan dalam PC yang berkapasitas RAM nya diatas 2GB dapat dijalankan pada browser seperti: Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer. Animasi flash yang ditayangkan pada e-book ini berjalan dengan baik, namun e-book ini belum bisa di operasikan pada sistem smarthphone karena aplikasi dalam smartphone kurang mendung pada pengoperasian e-book ini.

4.2 Saran
      Dalam aplikasi ini masih banyak kekurangan, seperti masih belum bisa di operasikan pada smartphone, maka dari itu aplikasi ini dapat dikembangkan pada smartphone berbasis Android dan sebagainya. Selain itu aplikasi ini dapat dikembangkan dengan menambahkan aplikasi sebagai bahan ujian dan kuisioner sehingga membuat media pembelajaran semakin variatif.

Comments (0)