Buku merupakan media pembelajaran yang
sangat populer dan paling sering digunakan oleh manusia, dari buku inilah
manusia banyak mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan sangat luas.
karena buku merupakan sumber ilmu.
Salah satu mata kuliah yang dianggap sulit di jurusan-jurusan ilmu
komputer (Sistem Informasi, Sistem Komputer, dsb) adalah mata kuliah matematika
diskrit. Materi yang dipelajari meliputi kombinatorik, fungsi pembangkit,
relasi rekursif, grup dan ring dan pembangkitan objek kombinatorik.
E-book atau buku elektronik merupakan versi elektronik dari buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang
dapat berisikan teks atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi
digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar. Dengan menggunakan e-book yang merupakan media
pembelajaran yang sedang berkembang menjadikan e-book
sebagai media pembelajaran yang
sangat diminati dan lebih menarik.
1.1 Latar Belakang
Buku
merupakan media pembelajaran yang sangat populer dan paling sering digunakan
oleh manusia, dari buku inilah manusia banyak mendapatkan ilmu pengetahuan yang
bermanfaat dan sangat luas. karena buku merupakan sumber ilmu,
Di
era modern ini perkembangan teknologi informasi semakin hari semakin berkembang
dengan pesat dalam berbagai aspek kehidupan. Hal ini dikarenakan sifat manusia
yang dipaksa untuk berkembang menciptakan inovasi-inovasi baru teknologi yang
sudah ada yang lebih bermanfaat dan lebih mudah di akses bagi pemaiakainya.
Oleh karena itu saat ini Ilmu pengetahuan bisa di dapatkan dari banyak sekali
sumber, dapat di peroleh kapanpun, dimanapun dan dalam bentuk apapun.
Salah
satu media pembelajaran yang sedang berkembang saat ini adalah e-book (elektronik book). Media e-book sangat mudah untuk di operasikan,
karena media ebook memiliki banyaj sekali format untuk mengoperasikannya.
Belajar menggunakan ebook ini lebih diminati dikarenakan penggunaannya yang
mudah dan efisien. Selain itu fitur di dalam ebook ini sangat variatif.
Salah
satu mata kuliah yang dianggap sulit di jurusan-jurusan ilmu komputer (Sistem
Informasi, Sistem Komputer, dsb) adalah mata kuliah matematika diskrit. Materi
yang dipelajari meliputi kombinatorik, fungsi pembangkit, relasi rekursif, grup
dan ring dan pembangkitan objek kombinatorik.
Umumnya
mata kuliah ini didapatkan di tingkat kedua, Mahasiswa akan mempelajari hal
tersebut melalui media buku teks yang tentu akan membuat mahasiswa jenuh dan
bosan mengingat akan ada banyaknya rumus yang dipelajari dan pemecahan masalah
yang diwajibkan menggunakan rumus pada mata kuliah matematika diskrit ini.
1.2
Batasan Masalah
Dalam
penulisan ini, penulis akan membuat sebuah media pembelajaran interaktif
tentang matematika diskrit melalui e-book
yang ditujukan untuk mahasiswa tingkat kedua dengan berbagai objek animasi yang
menarik berbasis flash. Objek animasi ini nantinya akan menjelaskan bagaimana
cara untuk memecahkan persoalan dengan bantuan suara dan objek yang bergerak.
Selain menampilkan objek animasi, e-book
ini juga dilengkapi dengan soal-soal latihan yang akan membuat penggunanya
lebih mengerti. Selain itu disini penulis juga menerapkan teknologi e-book yang dioperasikan pada internet
browser. Pembuatan e-book ini hanya
ditujukan kepada mahasiswa tingkat kedua sebagai pembelajaran tentang materi
matematika diskrit. software e-book yang
digunakan adalah Kvisoft Flipbook Maker.
1.3
Tujuan Penulisan
Tujuan
penulisan ilmiah ini adalah menghasilkan e-book
matematika diskrit dengan materi Grup dan ring. Pada e-book yang disajikan mempunyai lembaran-lembaran halaman yang
dapat dibuka maju dan mundur serta mengandung animasi untuk memvisualisasikan
pembahasan.
1.4
Metode Penelitian
Pembuatan
penulisan ilmiah ini dibagi menjadi beberapa tahap pengerjaan yaitu sebagai
berikut:
1. Pengumpulan
Data
Penulis
mengumpulkan teori yang mengacu pada pembahasan. Pengumpulan teori ini sebagai acuan pada pembuatan e-book. Proses pengumpulan teori ini meliputi pencarian dari buku serta
artikel-artikel dari internet.
2. Analisis
dan Perancangan
Kemudian
dilanjutkan dengan pembuatan desain tampilan e-book beserta objek animasi
pemecahan masalah menggunakan Adobe Flash. Setelah itu diproses menjadi e-book
dengan menggunakan Kvisoft Flipbook Maker.
3. Implementasi
Akan
dilakukan uji coba pada aplikasi, apakah aplikasi tersebut berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang
ada.
4. Pengujian
Dalam
pembuatan aplikasi ini software dan hardware yang digunakan adalah:
1)
Sistem Operasi Windows 7 64bit
2)
Memori RAM 8Gb
3)
AMD Phenom(tm) II X$ 965 Processor (4 CPUs), ~3.4Ghz
4)
Adobe Photoshop
5)
Kvisoft Flipbook Maker
6)
Adobe Flash
7)
Microsoft Word
1.5
Sistematika Penulisan
Dalam
penyajian penulisan ilmiah ini, penulis akan membagi penulisan ini kedalam 4
bab, dalam tiap bab akan terdiri dari sub bab. Secara garis besar perinciannya
sebagai berikut:
Bab
I Pendahuluan
Bab ini menjelaskan latar belakang
masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian dan sistematika
penulisan.
Bab
II Landasan Teori
Bab ini menjelaskan tentang teori-teori
dasar dari pengertian E-book.
Bab
III Analisa dan Pembahasan
Bab ini menjelaskan perancangan
aplikasi, spesifikasi program dan cara penggunaan program tersebut.
Bab
IV Penutup
Bab ini berisi kesimpulan dan saran dari
penulisan ilmiah.
2.1 Buku Elektronik (Ebook)
Buku
elektronik (disingkat buku-e atau e-book)
atau buku digital adalah versi elektronik dari buku. Jika
buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang dapat berisikan teks atau
gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang juga dapat
berwujud teks atau gambar. Dewasa ini buku elektronik diminati karena ukurannya
yang kecil bila dibandingkan dengan buku, dan juga umumnya memiliki fitur
pencarian, sehingga kata-kata dalam buku elektronik dapat dengan cepat dicari
dan ditemukan. Terdapat berbagai format buku elektronik yang populer, antara
lain adalah teks polos, pdf,
jpeg, doc lit dan html. Masing-masing format memiliki
kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan juga bergantung dari alat yang
digunakan untuk membaca buku elektronik tersebut.
Amazon menjadi
salah satu perusahaan yang Buku elektronik ini, mereka menggunakan buku elektronik semakin
populer karena dapat dibaca kapan saja dimana saja dengan Kindle, salah satu tablet luncuran mereka.
Salah satu usaha untuk melestarikan literatur berbentuk buku yang banyak
jumlahnya dan memerlukan biaya perawatan yang mahal adalah dengan melakukan
transfer dari bentuk buku ke bentuk buku elektronik. Dalam hal ini akan banyak
ruang dan juga upaya yang dihemat untuk merawat literatur-literatur tersebut. Buku elektronik dapat dibuka dengan
berbagai macam software diantaranya Adobe
acrobat, Microsoft Word
dan masih banyak lagi tergantung
format yang dimiliki.
Berikut
ini akan dijelaskan mengenai jenis-jenis format dalam pembuatan Buku elektronik
(Ebook).
2.1.1 Format Ebook
Terdapat
berbagai format buku elektronik yang banyak digunakan. Popularitas umumnya
bergantung pada ketersediaan berbagai buku elektronik dalam format tersebut dan
mudahnya piranti lunak yang
digunakan untuk membaca jenis format tersebut diperoleh.
1.)
Teks polos
Teks polos adalah
format paling sederhana yang dapat dilihat hampir dalam setiap piranti lunak
menggunakan komputer personal. Untuk beberapa devais mobil format dapat dibaca
menggunakan piranti lunak yang harus lebih dahulu diinstal.
2.)
PDF
Format pdf memiliki
kelebihan dalam hal format yang siap untuk dicetak. Bentuknya mirip dengan
bentuk buku sebenarnya. Selain itu terdapat pula fitur pencarian, daftar isi,
memuat gambar, pranala luar dan juga multimedia.
3.)
JPEG
Seperti
halnya format gambar lainnya, format JPEG memliki
ukuran yang besar dibandingkan informasi teks yang dikandungnya, oleh karena
itu format ini umumnya populer bukan untuk buku elektronik yang memilki banyak
teks akan tetapi untuk jenis buku komik atau manga yang proporsinya lebih
didominasi oleh gambar.
4.)
LIT
Format LIT merupakan
format dari Microsoft Reader yang
memungkinkan teks dalam buku elektronik disesuaikan dengan lebar layar divais mobil yang
digunakan untuk mebacanya. Format ini memiliki kelebihan bentuk huruf yang
nyaman untuk dibaca.
5.)
Docx
Format Docx merupakan format dari Microsoft Word yang sangat banyak ditemui sekarang dan
tersebar di Internet, format ini sangat banyak digunakan karena
banyaknya pengguna MS Word dan file keluaran yang cukup kecil, selain itu huruf
yang lebih variatif membuatnya sangat digemari.
6.) HTML
Dalam format HTML ini gambar dan teks dapat diakomodasi. Layout
tulisan dan gambar dapat diatur, akan tetapi hasil dalam layar kadang tidak
sesuai apabila dicetak.adi
2.2 HTML
HTML kependekan dari Hyper
Text Markup Language. Dokumen HTML adalah file teks murni yang dapat
dibuat dengan teks editor. Dokumen ini dikenal sebagai web page. Dokumen HTML merupakan dokumen yang disajikan dalam web browser. Ada dua cara untuk membuat
web page, dengan HTML editor atau editor text biasa (misal : notepad).
2.1.1
Penamaan Dokumen
Dokumen HTML diberi nama sembarang kemudian diberi tambahan
ekstensi
”.htm” atau ”.html”
2.1.2
Definisi
Elemen
Dokumen HTML disusun
elemen-elemen atau komponen dasar
pembentu HTML. Contoh dari elemen dokumen HTML adalah : head , body, table, paragraf, list.
2.1.3
Definisi
Tag
Tag
digunakan untuk menandai elemen dalam suatu dokumen HTML. Tag HTML terdiri atas
sebuah sudut kiri (<, tanda lebih kecil), nama sebuah tag, dan sebuah tanda
kurung sudut kanan (>, tanda lebih besar. Tag umumnya berpasangan, sebagai
contoh <H1> Dengan </H1>. Secara umum suatu elemen dalam dokumen
HTML yangdinyatakan dengan tagnya, dituliskan : <namatag> -
</namatag>.
2.1.4
Elemen
HTML yang Diperlukan
Elemen yang dibutuhkan untuk membuat
suatu dokumen HTML dinyatakan
dengan tag <html>,<head>,
dan <body>.Setiap dokumen
terdiri atas tag head dan body. Elemen Head berisi informasi tentang dokumen tersebut, dan elemen body berisi teks yang akan ditampilkan
di browser. Secara umum dokumen web
dibagi menjadi dua section, yaitu section
head dan section body. Sehingga
setiap dokumen HTML harus mempunyai pola sebagai berikut :
<html>
<head>
-- Informasi tentang dokumen HTML
</head>
<body>
-- Informasi yang akan ditampilkan dalam web browser
</body>
</html>
Setiap dokumen html harus diwali dengan
menuliskan tag <html> dan tag </html> di akhir dokumen. Tag ini menandai dokumen HTML yang
berarti adalah dokumen HTML dalam satu dokumen hanya ada satu elemen html. Section atau elemen head ditandai dengan tag
<head> diawal dan tag </head> diakhir. Section
ini beiris informasi tentang dokumen HTML, misalnya informasi judul html yang
ditandai dengan tag <title> dan diakhiri dengan tag </title>. Section body ditandai dengan tag <body> dan diakhiri dengan tag
</body> diakhir. Section body merupakan isi dokumen yang
akan ditampilakn pada browser.
Berikut ini adalah contoh listing program
html sederhana :
<html>
<head>
<title>Belajar Web
Design</title>
</head>
ini adalah halaman HTML
<body>
</body>
</html>
Gambar 2.1. Contoh hasil di browser
Penjelasan Contoh
Tag pertama pada dokumen html anda
adalah <html>, Tag ini memberi tahu bahwa ini adalah
awal dari dokumen HTML. Tag terakhir
pada dokumen adalah </html>.
Tag ini memberi tahu browser bahwa
ini adalah akhir dari dokumen HTML. Teks antara <head> dan </head>
adalah informasi header. Informasi header tidak ditampilkan pada window browser. Hanya teks yang berada
diantara <body> dan </body> yang akan ditampilakan pada browser. Teks diantara <title> dan </title> adalah judul dokumen yang akan ditampilakn pada window caption.
2.1.5
Penggunaan
Tag
Didalam penulisan dan penggunaan tag
HTML perlu di perhatikan tata cara yang sudah di tetapkan , diantaranya adalah
sebagai berikut :
1) Tag HTML diapit dengan dua karakter kurung bersudut, < dan >.
2) Tag HTML secara normal selalu berpasangan seperti <H!> dengan
</H1>
3)
Tag HTML tidak ‘case sensitive’, berarti <H1> dama dengan <h1>
2.1.6
Atribut Tag
Tag
dapat mempunyai atribut. Atribut menyatakan sesuatu tentang tag tersebut. Atribut
digunakan untuk mengubah default pemformatan dokumen dengan tag yang bersangkutan.
Tag berikut tidak mempunyai atribut : <body>.
Tag <body> ini tidak menggunakan atribut, sehingga dokumen HTML
ditampilkan dengan warna background
sesuai dengan definisi warna background
pada browser webnya. Umumnya berwarna putih.
Tag berikut mempunyai atribut
: <body bgcolor=”red”>. Tag <body> ini mempunyai atribut bgcolor
dengan nilai “red’. Sehingga background akan menampilkan warna merah.
2.1.6.1
Tag HTML
Merupakan tag dasar yang mendefinisikan bahwa
dokumen ini adalah dokumen HTML. Tag ini merupakan keharusan untuk membuat
dokumen HTML.Tag <html> sebagai pembuka dokumen HTML
dan tag </html> sebagai penutup dokumen HTML. Berikut adalah contoh tag HTML :
<html>
........................
</html>
2.1.6.2 Tag
Head
Merupakan tag setelah <html>
untuk menuliskan keterangan tentang dokumen
HTML. Isi teks diantara <head> dengan </head> tidak akan ditampilkan di dalam
browser. Contoh listing tag head adalah sebagai berikut :
<head>
<title>Belajar Web
Design</title>
</head
2.1.6.3
Tag Title
Merupakan tag yang digunakan untuk
menuliskan judul dokumen HTML. Hasil
tag ini akan ditampilkan dalam window caption browser. Contoh listing tag tittle adalah sebagai berikut :
<title>Belajar Web Design
HTML</title>
2.1.6.4
Tag Body
Merupakan section dalam dokumen HTML yang akan ditampilkan dalam
browser. Contoh listing tag body :
<html>
<head>
<title>Belajar Web
Design</title>
</head>
2.1.6.5
Tag
Paragraf
Setiap paragraf harus
dimulai dengan memberi tag <p>. Diakhir paragraf tidak diharuskan
menuliskan </p> sebagai akhir paragraf, karena tag <p> tidak
didefinisikan mempunyai tag akhir.
Setiap paragraf harus dimulai dengan <p>
kembali. Setiap pergantian paragraf
ditandai dengan tag <p>. Contoh listing tag paragraf:
<html>
<head>
<title>Tag
Paragraf</title>
</head>
<body>
<p>berikut ini adalah
paragraf 1</p>
<p>berikut ini adalah
paragraf 2</p>
<p>berikut ini adalah
paragraf 3</p>
</body>
</html>
2.1.6.6 Line
Break
Fungsi tag ini dapat memaksa ganti baris pada
dokumen web dengan tag <br>. Ganti baris disini dimaksudkan hanya menyajikan informasi
pada baris sendiri tetapi tidak berganti paragraf. Contoh line break adalah sebagai berikut :
<html>
<head>
<title>Ganti
Baris</title>
<head>
<body>
ini adalah baris ke 1<br>
ini adalah baris ke 2<br>
ini adalah baris ke 3<br>
ini adalah baris ke 4<br>
ini adalah baris ke 5<br>
</body>
</html>
2.1.6.7
Heading
Tag
heading akan membuat tulisan ditampilkan dengan huruf yang lebih besar atau
ditebalkan. Heading dimanfaatkan
untuk menandai judul topik atau untuk menunjukkan tingkat keberartian dati teks
yang akan dituliskan. Ada 6 tingkat heading
dalam HTML, dinomori dari satu sampai dengan 6. Nomor 1 merupakan heading yang terbesar. Contoh heading adalah sebagai berikut :
<html>
<head><title>Heading</title></head>
<body>
<h1>Heading 1</h1>
<h2>Heading 2</h2>
<h3>Heading 3</h3>
<h4>Heading 4</h4>
<h5>Heading 5</h5>
<h6>Heading 6</h6>
</body>
</html>
Gambar 2.2 Contoh Heading
2.1.6.8
Garis Pembatas
Sebuah garis pembatas
dapat disisipkan dalam dokumen web
dengan menggunakan tag <hr>.
Contoh garis pembatas adalah sebagai berikut.
<html>
<head>
<title>Horizontal
Rule</title>
</head>
<body>
<p align=”center”>Paragraf
pertama</p>
2.1.6.9
Komentar
Dalam sebuah dokumen
HTML ada informasi yang berfungsi sebagai catatan atau komentar terhadap
dokumen isi komentar ini tidak akan ditampilkan dalam browser. Untuk membuat komentar dengan menggunakan tag:
<!-- sebagai awal dan tag
--> sebagai akhir komentar. Contoh listing
komentar :
<html>
<head>
<title>Horizontal
Rule</title>
</head>
<body>
<!-- komentar ni tidak akan
ditampilkan di browser -->
<p>Tulisan ini akan
ditampilkan di browser</p>
</body>
</html>
2.2
Microsoft Word 2007
Microsoft Office adalah
suatu kumpulan software produktifitas
perkantoran yang pertama kali
diluncurkan tanggal 30 Agustus 1992 sebagai office
3.0 yang menyertakan word untuk
pengolahan kata, Microsoft Excel
sebagai pengolah angka, Microsoft
PowerPoint digunakan sebagai aplikasi presentasi dan Mail digunakan untuk menerima dan mengirim email. Sejak masa itu dan di awal tahun 2000-an Microsoft sudah merilis banyak versi office, setiap versinya mengalami
pembaharuan demi pembaharuan dan menjadi semakin mutakhir baik dari segi
pemakaian, fasilitas-fasilitas baru yang disertakan, serta penambahan program
baru dalam kelompok office.
Microsoft
Word 2007
merupakan salah satu program aplikasi pengolah kata atau dokumen versi terbaru
yang termasuk ke dalam Microsoft Office
2007. Aplikasi ini pengembangan dari versi sebelumnya yaitu Microsoft Word 2003 yang sukses di rilis
ke pasaran. Microsoft Word 2007 mempunyai tampilan user interface (UI) baru yang mengganti menu, toolbars, dan
sebagian besar task panes yang ada di Microsoft
Word versi sebelumnya dengan mekanisasi tunggal yang lebih simpel dan
efisien. Fasilitas andalannya ini dinamakan Ribbon yang
merupakan cara baru untuk mengelompokkan menu pada toolbar. User interface (UI) baru ini dirancang untuk membantu Anda bekerja
lebih produktif serta mudah dalam menggunakan seluruh fasilitas dan fungsi yang
ada.
Berikut ini adalah beberapa
istilah yang akan dipakai dalam mengoperasikan Microsoft Word 2007 :
2.2.1
Hotkey / shortcut
Berupa kombinasi
beberapa tombol tertentu pada keyboard yang menyebabkan
program
aplikasi yang sedang berjalan untuk melakukan suatu proses tertentu
2.2.2 Toolbar (pada Mic. Word 2007 disebut
ribbon)
Pada
Mic. Word 2007, perintah-perintah sudah ditampulkan dalam grup-grup terpisah
Gambar 2.3 Menu
dan Ribbon pada Tampilan Awal.
2.2.3
Ruler
Margin (Indent)
Fungsi dari ruler margin adalah untuk mengatur batas kiri dan kanan dari suatu
halaman
First
Line Indent
|
Right
Indent
|
Hanging
Indent
|
Left
Indent
|
Gambar 2.4 Pengaturan Ruller (Garis)
Didalam ruler margin, terdapat istilah-
istilah yang dapat membatu dalam mengatur batas kiri dan kanan dari suatu
halaman. Pengaturan ini dapat di sesuaikan oleh keinginan setiap pengguna ,
istilah pada ruler margin adalah sebagai berikut :
1) First Line Indent
Digunakan
untuk mengatur posisi huruf pertama pada setiap awal paragraf
3
Hanging
Indent
Digunakan
untuk mengatur posisi huruf setelah baris pertama pada suatu paragraf
4
Left
Indent
Digunakan
untuk mengatur batas kiri untuk semua teks
5
Right
Indent
Digunakan
untuk mengatur batas kanan untuk semua teks
2.2.4
Tampilan dan Fasilitas Microsoft Word
2007
Microsoft
word 2007 memiliki tampilan yang hampir sama dengan microsoft word 2003, hanya
saja tampilannya lebih moden dan pada tampilan awal terdiri dari banyak
fasilitas menu bar dan tools bar yang dapat membantu membuat dokumen menjadi
lebih mudah. Tampilan awal dari Microsoft Word 2007 akan di contoh kan seperti
gambar 2.5 berikut :
Gambar
2.5 Tampilan
Awal Ms Word 2007
2.3
Flash
Flash adalah software yang
memiliki kemampuan menggambar sekaligus menganimasikannya,
serta mudah dipelajari (M. Amrullah Akbar et al, 2008). Flash tidak
hanya digunakan dalam pembuatan animasi, tetapi pada zaman sekarang ini flash
juga banyak digunakan untuk keperluan lainnya seperti dalam pembuatan game,
presentasi, membangun web, animasi pembelajaran, bahkan juga dalam
pembuatan film. Animasi yang dihasilkan flash adalah animasi berupa file
movie. Movie yang dihasilkan dapat berupa grafik atau teks. Grafik
yang dimaksud disini adalah grafik yang berbasis vektor, sehingga saat diakses
melalui internet, animasi akan ditampilkan lebih cepat dan terlihat halus.
Selain itu flash juga memiliki kemampuan untuk mengimpor file suara,
video maupun file gambar dari aplikasi lain.
Flash
merupakan program grafis yang diproduksi oleh Macromedia corp, yaitu sebuah vendor
software yang bergerak dibidang animasi web. Macromedia Flash
pertama kali diproduksi pada tahun 1996. Macromedia Flash telah diproduksi
dalam beberapa versi. Versi terakhir dari Macromedia Flash adalah Macromedia
Flash 8.Dan sekarang Flash telah berpindah vendor menjadi Adobe. Adobe adalah vendor software yang
membeli Flash dari vendor sebelumnya yaitu Macromedia. Sejak itu,
Macromedia Flash berganti nama menjadi Adobe Flash. Versi terbaru dari Adobe
Flash saat ini adalah Adobe Flash CS6. Dan pembuatan animasi ini penulis
menggunakan Adobe Flash CS6 sebagai aplikasinya.
2.3.1 Adobe Flash Professional
CS6
Adobe Flash CS6 merupakan sebuah software
yang didesain khusus oleh Adobe
dan program aplikasi standar authoring
tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap
yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan
situs web yang interaktif
dan dinamis. Adobe Flash CS6 menyediakan berbagai macam fitur yang akan sangat
membantu para animator untuk membuat animasi menjadi semakin mudah dan menarik.
Adobe Flash CS6 telah mampu membuat dan
mengolah teks maupun objek dengan efek tiga dimensi, sehingga hasilnya tampak
lebih menarik. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi
atau 3 dimensi yang handal dan ringan sehingga Flash banyak digunakan untuk
membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan
yang lainnya, Selain itu software ini juga dapat digunakan untuk membuat
animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs website
atau blog ,tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form
isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi website
lainnya.
2.3.2
Dasar-dasar
Penggunaan Adobe Flash Professional CS6
Penggunaan Adobe Flash Professional CS6
memang tidak sulit bagi yang sudah
sering melakukan berbagai desain
grafis, karena tools dan fasilitas yang terdapat pada Adobe Flash Professional
CS6 cukup lengkap dan sederhana. Berikut penjelasan dasar-dasar penggunaannya.
2.3.2.1 Halaman Awal
Halaman awal adalah tampilan pertama
kali yang tampil ketika mengakses program Adobe Flash Professional CS6. Cara
mengakses Adobe Flash Professional CS6 pertama kali adalah double klik
pada icon Adobe Flash Professional CS6 yang ada di desktop atau lihat
dari daftar program yang ada di Start
Menu. Berikut adalah tampilan start
page pertama kali membuka Adobe Flash Professional CS6.
Gambar 2.6 Tampilan awal Page Adobe Flash
Professional CS6
2.3.2.2 Jendela
Utama
Jendela utama
merupakan awal dari pembuatan program, pembuatannya dilakukan dalam kotak movie
dan stage yang didukung oleh tools yang ada. Jendela kerja flash
terdiri dari panggung (stage) dan panel-panel. Panggung merupakan
tempat dimana objek diletakkan, tempat menggambar dan tempat menganimasikan
gambar. Sedangkan panel disediakan sebagai tempat untuk membuat gambar,
mengedit, dan menganimasikan gambar juga. Berikut ini adalah tampilan jendela
utama Adobe Flash Professional CS6.
Gambar 2.7 Jendela Utama Adobe Flash
Professional CS6
Setiap menu dan tools
dalam Adobe Flash Professional CS6 memiliki keterangan sebagai berikut :
1) Menu Bar, adalah baris menu yang terdiri 11 elemen yang utama dan masing-
masing memiliki submenu perintah lagi.
2) Timeline, adalah panel untuk mengatur dan mengontrol jalannya animasi
Flash yang meliputi kecepatan
animasi dan penempatan objek yang akan dibuat.
3. Color Panel, digunakan untuk memberi warna pada objek dan mengatur komposisi warna pada objek yang akan dibuat.
4. Stage, adalah area untuk menempatkan materi animasi, seperti objek
gambar,
video, teks, maupun
tombol.
5. Property Inspector, berguna untuk mengatur setting
stage, atribut objek, penggunaan
filter, hingga mempublikasikan movie flash. Selain itu properties
panel juga akan menampilkan informasi ukuran dan posisi objek yang
sedang dipilih.
6. Toolbox, adalah beragam piranti untuk
menyeleksi, menggambar, memberi warna, memodifikasi objek hingga mengatur
ukuran tampilan stage.
2.3.3
Toolbox
Fasilitas Toolbox seperti yang
telah dijelaskan sekilas diawal adalah beragam
piranti atau alat yang mempunyai
fungsi tersendiri untuk keperluan desain. Berikut penjelasan setiap tool
yang terdapat pada Toolbox
Tabel 2.1 Tools Yang Terdapat Pada Toolbox
Gambar
|
Nama
|
Penjelasan
|
Selection
Tool
|
Digunakan untuk memilih atau
menyeleksi suatu
objek
|
|
Subselection
Tool
|
Digunakan untuk menyeleksi bagian
objek lebih
detail daripada selection tool.
|
|
Free
Transform
Tool
|
Digunakan untuk
mentransformasikan objek
terseleksi
|
|
3D Rotation
Tool
|
Digunakan untuk melakukan 3D pada
objek
berdasarkan sumbu X, Y dan Z.
|
|
3D Rotation
Tool
|
Digunakan untuk melakukan 3D pada
objek
berdasarkan sumbu X, Y dan Z.
|
|
Pen Tool
|
igunakan untuk menggambar garis
dengan bantuan
titik-titik bantu seperti dalam
pembuatan garis, kurva
ataupun gambar.
|
|
Text Tool
|
Digunakan untuk membuat objek
teks ataupun
paragraf.
|
|
Line Tool
|
Digunakan untuk menggambar objek garis lurus.
|
|
Rectangle
Tool
|
Digunakan untuk menggambar bentuk persegi.
|
|
Pencil Tool
|
Digunakan untuk menggambar dengan
bentuk
goresan pensil.
|
|
Brush Tool
|
Digunakan untuk menggambar dengan
bentuk
polesan kuas.
|
|
Deco Tool
|
Digunakan untuk menggambar corak
dekorasi
dengan menggunakan symbol grafik.
|
|
Bone Tool
|
Digunakan untuk membuat animasi
pertulangan
dengan menambahkan titik sendi pada objek.
|
|
Paint Bucket
Tool
|
Digunakan untuk member warna bidang objek.
|
|
Eyedropper
Tool
|
Digunakan untuk mengambil sampel
warna dari
sebuah objek.
|
|
Eraser Tool
|
Digunakan untuk menghapus bidang objek.
|
|
Hand Tool
|
Digunakan untuk menggeser area
lembar kerja atau
stage tanpa mengubah pembesaran.
|
|
Zoom Tool
|
Digunakan untuk memperbesar atau
memperkecil
tampilan lembar kerja atau stage.
|
|
Stroke Color
|
Digunakan untuk memilih atau
member warna pada suatu garis
|
|
Fill Colo
|
Digunakan untuk memilih atau
member warna suatu objek.
|
|
Black And
White
|
Digunakan untuk mengubah warna
garis dan bidang menjadi hitam putih.
|
|
Swap Colors
|
Digunakan untuk membalikkan warna
antara warna garis dan warna
bidang objek.
|
2.4 Kvisoft Flipbook Maker
Kvisoft
Flipbook maker adalah aplikasi pembuatan media baca elektronik buatan kvisoft,
perangkat ini banyak digunakan oleh pembuat penulis buku atau majalah yang
hasil karyanya ingin di publikasikan melalui online maupun offline , tetapi
masih dalam bentuk digital.
2.4.1 Dasar- dasar penggunaan Kvisoft flipbook
maker
Penggunaan aplikasi Kvisoft Flipbook
maker terbilang cukup mudah bagi pemula maupun yang sudah berpengalaman, karena
tools yang disediakan terbilang cukup sederhana dan mudah dimengerti
kegunaanya. fasilitas yang ditawarkan kvisoft flipbook maker juga terbilang
cukup lengkap dan terus diperbarui setiap periode.
2.4.2 Halaman Awal dari Kvisoft Flipbook Maker
kvisoft flipbook maker memiliki tampilan
yang sangat sederhana, tetapi fasilitas yang tersedia di dalam aplikasi ini
cukup lengkap. Tampilan awal dari kvisoft flipbook maker terdiri dari menu dan
tools yang akan di jelaskan berikut ini:
import
|
design
|
delete
|
publish
|
page edit
|
add file
|
Gambar
2.8 halaman awal Kvisoft
Flipbook Maker
Setiap tools dan fasilitas
dalam halaman utama dalam Kvisoft Flipbook Maker memiliki keterangan sebagai
berikut :
1) Add File, berfungsi untuk menginput file
berekstensi .pdf ataupun .fb ke dalam lembar kerja .
2)
Page Edit, Berfungsi sebagai media peng editan halaman proyek ebook.
3)
design, sebagai media pemilihan tempelate dan layout pada ebook
4)
publish, proses perubahan ekstensi yang tadinya adalah file .pdf menjadi file
dalam ekstensi lain, misalnya html, exe dan wallpaper.
5)
Import, hamper sama fungsinya seperti add
file , yaitu memasukan halaman dile ke lembar kerja.
6)
Delete, berfungsi sebagai penghapus halaman dan juga file yang sudah di import.
2.5 Adobe Photoshop
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak
editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan gambar dan
pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital
dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak
pengolah gambar.
2.6 Struktur
Navigasi
Struktur navigasi adalah
struktur atau alur dari suatu program. Menentukan struktur navigasi merupakan
hal yang sebaiknya dilakukan sebelum membuat suatu aplikasi. Ada 4 (empat)
macam bentuk dasar dari struktur navigasi yang biasa digunakan dalam proses
pembuatan aplikasi, yaitu :
1.
Linier : pemakai menelusuri program secara berurutan.
2.
Hirarki : pemakai menelusuri
program melalui titik-titik percabangan dari suatu struktur pohon.
3.
Non Linier : pemakai bebas
menelusuri program tanpa dibatasi oleh suatu rute.
4.
Campuran : pemakai dapat dengan
bebas menelusuri program, tetapi pada bagian tertentu gerakan dibatasi secara
hirarki ataupun linier.
3.1 Rancangan
Halaman Judul Bab
Pada
rancangan halaman judul bab ini, text bab merupakan bab yang akan ditulis dan
judul bab merupakan judul dari bab yang akan ditulis.
|
3.2
Langkah-Langkah
Pembuatan Aplikasi
Tahap
selanjutnya dalam pembuatan e-book ini
yaitu pembuatan desain cover,
penulisan materi, mengkonversi file .doc ke file .pdf, pembuatan animasi,
mengkonversi file .swf ke file .mp4 dan pembuatan ebook pada Kvisoft. Pembuatan
cover dibuat
menggunakan perangkat lunak Adobe Photoshop Cs6. Kemudian penulisan materi
dilakukan pada aplikasi Microsoft Word 2007 dan pembuatan animasi menggunakan
aplikasi Adobe Flash CS6.
3.2.1 Pembuatan Cover Halaman Bab
Pembuatan
cover halaman bab menggunakan Adobe Photoshop Cs6. Buka aplikasi Adobe Photoshop Cs6 lalu akan muncul jendela awal, lalu mengklik file,
kemudian pilih new, setelah itu mengatur lebar dan
tinggi lembar kerja pada project.
Disini digunakan ukuran lembar project
A4 dengan lebar 21cm dan tinggi 29,7cm.
3.2.2 Penulisan Materi
Untuk
menulis materi pada Microsoft Word 2007, penulis menggunakan pengaturan seperti
gambar 3.3 berikut.
Gambar
3.3 Tampilan pengaturan pada Microsoft Word
Penulisan
materi matematika diskrit ini menggunakan microsoft word
sama
halnya seperti menulis
artikel lainya dan tentunya di pandu
dengan petunjuk penulisan yang benar. Pada penulisan
materi kombinasi permutasi ini banyak dijumpai rumus-rumus matematika, untuk menulis rumus
matematika pada Microsoft word 2007 ini menggunakan equation
tools dengan cara klik Insert lalu Equation
kemudian pilih rumus mana yang akan digunakan. Untuk melihat hasil dari
penulisan rumus menggunakan equation dapat
dilihat pada gambar 3.4 berikut:
Gambar
3.4 Menulis
rumus menggunakan Equation
Setelah semua materi selesai di ketik
beserta rumus- rumus dan ditambah cover nya, materi di save
terlebih
dahulu dalam format .doc, untuk
menyimpan file pada Microsoft word 2007, klik window kemudian save lalu
beri nama file , pilih folder penyimpanan dan save. Hasil dari penulisan materi dapat dilihat pada gambar 3.5 berikut :
3.2.3 Pengkonversian file
Pada
pengkonversian file ini, penulis materi yang sudah
selesai dibuat kemudian di save as namun
klik yang berformat .pdf, nantinya file teresebut akan tersimpan yang sebelumnya
berekstensi .doc menjadi .pdf. Hasilnya seperti pada gambar 3.6 berikut:
3.2.4 Pembuatan Animasi
Dalam pembuatan animasi ini digunakan aplikasi Adobe Flash Profesional CS6. Animasi ditambahkan
supaya pembaca dapat mengerti bagaimana langkah-langkah
dalam mengerjakan contoh soal yang telah di sediakan. Berikut ini langkah- langkah
pembuatan animasi menggunakan aplikasi Adobe Flash Professional CS6 :
1.) Aplikasi Adobe
Flash Profesional dibuka, kemudian untuk membuat projek baru dipilih menu Create New dan pilih ActionScript
2.0
2.)
Dalam animasi yang akan dibuat, digunakan gambar sebagai background. Untuk memasukan gambar ke dalam projek adalah dengan
memilih menu File kemudian dipilih
menu import to library.
3.)
Gambar yang sudah di import ke dalam library kemudian di drag
ke area projek. maka hasilnya akan seperti gambar 3.9 berikut :
4.) Dalam animasi ini terdiri dari dua scene. Di bagian awal scene tadi telah dibuat background. Selanjutnya akan di buat scene isi. Tampilan scene isi ini sama seperti scene sebelumnya yang berisikan background yang kemudian akan diisi
dengan animasi. Pada animasi ini diberikan efek suara yang menjelaskan tentang
materi permutasi komposisi dan tulisan akan muncul satu per satu mulai dari frame 1 - 2081. Maksud memunculkan tulisan satu per
satu ini agar pembaca mudah memahami materi yang dibawakan proses pengerjaan
soal latihan. Pemberian efek suara diberikan dengan cara di import ke library dan
kemudian di drag kedalam lembar
kerja. File yang dimasukkan harus format .wav. Setelah itu masukkan
tulisan yang akan muncul satu per satu yang dimulai dari frame 1 sampai frame 150. Hasilnya dapat dilihat pada gambar 3.10 berikut:
5.) Saat
animasi berjalan, akan ada tambahan efek tanda panah yang berfungsi sebagai
petunjuk arah jalannya suatu proses penyelesaian soal. Gambar diunduh dari [2]. Setelah
di unduh, gambar di impor kedalam library. Gambar yang sudah di import
ke dalam library kemudian di drag ke area yang akan di pasang. Untuk
membuatnya menjadi animasi bergerak adalah dengan cara, mengklik kanan gambar kemudian di pilih menu Convert To Symbol.
7.) Untuk menjadikannya dalam bentuk file
berformat Flv adalah dengan cara mem publish.
Menu File di pilih kemudian dipilih
menu publish. Proses pembuatan
animasi dengan aplikasi Adobe Flash Professional Cs6 selesai.
3.2.5 Pembuatan
Ebook pada Kvisoft Flipbook Maker
Aplikasi
Kvisoft Flipbook maker pada desktop dibuka, selanjutnya dapat dibuat
projek baru dengan cara klik Import lalu
pilih file ber format .pdf kemudian
open , atur resolusi, kualitas
dan ukuran ebook sesuai keinginan dan
Ok.
3.2.6 Memasukan Animasi ke
Ebook
Pada aplikasi
Kvisoft Flipbook maker, terdapat fasilitas untuk memasukan file berupa animasi.
File animasi yang akan dimasukan dalam ebook ini dengan cara mngklik menu page edit
dan selanjutnya pilih menu add video.
Setelah
muncul dialog Add video, maka pada kolom File Name di isi dengan nama file animasi yang sudah disimpan
sebelumya.
3.2.7 Mendesain Template Ebook
Tampilan ebook
di desain sedemikian rupa agar terlihat dinamis dan menarik, maka dari
itu di lakukan pengaturan pada template
yang sudah disediakan oleh software
Kvisoft Flipbook Maker, agar lebih sederhana dan juga dinamis.
1.)
Langkah pertama dalam
melakukan pengaturan template, mengklik Menu Design pada menu bar kemudian
dipilih Style , Advance setting dan dipilih main
setting kemudian pengaturan diatur seperti gambar 3.20
dibawah ini :
2.)
Untuk mengatur tombol
navigasi supaya lebih sederhana dan sesuai dengan pemakaian maka perlu di lakukan
pengaturan pada Button Setting , Menu
Design pada menu bar di klik. kemudian menu Style
, Advance setting , Button setting diatur seperti gambar 3.21
dibawah ini :
3.2.8 Publish Ebook Menjadi File HTML
Ebook
yang sudah di atur sedemikian rupa, mulai dari main setting hingga button
setting akan dilanjutkan ke langkah terakhir, yaitu langkah publish. publish yaitu langkah dimana ebook yang masih dalam format file .pb akan di rubah menjadi format
yang berbeda, untuk format ebook yang
akan penulis buat adalah format file
HTML. Format HTML adalah format ebook yang bisa dibuka di
berbagai internet browser seperti
Mozilla Firefox, Google Chrome dan Internet Explorer.
1.)
Tindakan yang dilakukan
pertama kali saat akan mem publish ebook
adalah dengan meng klik menu Publish
pada menu bar dan pilih HTML,
kemudian akan muncul dialog dan setiap kolom di isi seperti gambar 3.23
berikut :
3.3 Implementasi
Pada bagian ini merupakan tahap pengujian yang akan menampilkan ebook di internet browser PC/laptop. Klik View it pada gambar 3.25 berikut:
3.4 Spesifikasi Minimum Laptop/ Smartphone
Agar e-book dapat
berjalan dengan lancar, dibutuhkan perangkat dengan spesifikasi
khusus
minimal yang sangat sederhana yang terdapat pada laptop dan smartphone,
spesifikasi tersebut hampir dimiliki
oleh semua perangkat laptop dan smartphone yang memiliki internet browser dan sudah terinstal
adobe flash player, dan untuk smartphone
harus sudah ter install adobe air.
3.5
Uji Coba
Pengujian aplikasi dilakukan pada dua
buah laptop, satu buah smartphone dan internet browser yang berbeda. Pengujian ini dilakukan untuk
mengetahui apakah tampilan efek transisi perpindahan halaman, pemutaran
animasi, suara efek, dan fungsi tombol berjalan sempurna atau tidak, efek
transisi halaman dikatakan sempurna jika efeknya berjalan lancar disertai suara
dan tidak sempurna jika efek transisi tersendat sendat dan suara efeknya tidak
ada. Animasi dikatakan sempurna jika pergerakan animasi dan tombol nya berjalan
sesuai skema. dan dikatakan tidak sempurna apabila pergerakan dan fungsi tombol
tidak sesuai dengan skema yang sudah ditentukan.
Berikut ini adalah daftar perangkat
komputer dan internet browser yang
telah digunakan dalam uji coba ebook
Kombinasi Permutasi ini.
Tabel
3.1 : Fitur Perangkat Laptop dan Smartphone yang Digunakan
Laptop
|
FITUR
|
|
OS
|
CPU
|
|
Asus
|
Windows 7 Ultimate
|
Intel Core i3, 2,4 GHz. RAM 2 GB
|
HP
|
Windows 8
|
Intel Core i5, 2,4 GHz. RAM 4GB
|
Lenovo A6000
|
4.4 KitKat
|
Qualcomm, Snapdragon
1,2 GHz Quad Core. RAM 1GB
|
Tabel
3.2 : Jenis Internet Browser yang Digunakan
INTERNET
BROWSER / Flash Player
|
VERSI
|
Mozilla
Firefox
|
32.0.3
|
Google
Chrome
|
|
SWF
Player
|
1,69
|
3.6 Hasil Pengujian
Hasil dari pengujian yang dilakukan di
dua laptop dan satu smartphone, untuk menguji efek transisi
ebook, pemutaran animasi, pemutaran efek suara, dan fungsi tombol navigasi
adalah sebagai berikut:
1.) Pengujian Efek
Transisi Halaman Ebook
Tabel
3.3 : Hasil Efek Transisi Halaman
Internet Browser /
Flash Player
|
Efek Transisi
|
|
Sempurna
|
Tidak Sempurna
|
|
Mozilla Firefox
|
Y
|
N
|
Google Chrome
|
Y
|
N
|
SWF
Player
|
N
|
Y
|
2.) Pengujian Animasi
Tabel
3.4 : Hasil Pemutaran Animasi
Internet Browser / Flash Player
|
Efek Animasi
|
|
Sempurna
|
Tidak Sempurna
|
|
Mozilla Firefox
|
Y
|
N
|
Google Chrome
|
Y
|
N
|
SWF
Player
|
N
|
Y
|
3.) Pengujian Efek Suara
Tabel
3.5 : Hasil Pemutaran Efek Suara
Internet Browser / Flash Player
|
Efek Suara
|
|
Sempurna
|
Tidak Sempurna
|
|
Mozilla Firefox
|
Y
|
N
|
Google Chrome
|
Y
|
N
|
SWF
Player
|
N
|
Y
|
4.)
Pengujian Fungsi Tombol Navigasi
Tabel 3.6 : Hasil Pengujian Fungsi Tombol
Navigasi
Internet Browser / Flash Player
|
Tombol Navigasi
|
|
Sempurna
|
Tidak Sempurna
|
|
Mozilla Firefox
|
Y
|
N
|
Google Chrome
|
Y
|
N
|
SWF
Player
|
N
|
Y
|
4.1 Kesimpulan
Konten materi Group dan ring pada buku kombinasi dan
permutasi dibuat menggunakan software
Kvsoft Flipbook Maker. E-book ini
dilengkapi animasi untuk penjelasan contoh kasus. Pada halaman e-book ini mempunyai efek pergantian
halaman, Animasi dikembangkan
menggunakan Adobe Flash Professional CS6.
Berdasarkan implementasi e-book kombinasi permutasi ini berjalan dengan baik sesuai dengan efek suara, visualisasi serta pergantian halaman pada PC.
E-book kombinasi permutasi yang diujikan
dalam PC yang berkapasitas RAM nya diatas 2GB dapat dijalankan pada browser
seperti: Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer. Animasi flash yang
ditayangkan pada e-book ini berjalan
dengan baik, namun e-book ini belum
bisa di operasikan pada sistem smarthphone karena aplikasi dalam smartphone
kurang mendung pada pengoperasian e-book
ini.
4.2 Saran
Dalam aplikasi
ini masih banyak kekurangan, seperti masih belum bisa di operasikan pada
smartphone, maka dari itu aplikasi ini dapat dikembangkan pada smartphone
berbasis Android dan sebagainya. Selain itu aplikasi ini dapat dikembangkan dengan
menambahkan aplikasi sebagai bahan ujian dan kuisioner sehingga membuat media pembelajaran semakin variatif.
00.02 |
Category:
Tugas Kuliah
|
0
komentar
Comments (0)